Defini Islam

Abduh Sempana
apa defini islam

ISLAM berasal dari kata “aslama” [Menyerah, patuh] kata “salima” [selamat]. Jadi, dapat disimpulkan bahwa definisi kata Islam adalah; Menyerahkan diri kepada Allah SWT secara mutlak sesuai dengan ajaran Nabi besar Muhammad SAW untuk mencapai keselamatan, keamanan dan kebahagiaan dunia, akhirat.

Islam adalah agama tauhid yang diajarkan oleh baginda Nabi besar Muhammad SAW. selama 23 tahun di mMkkah dan di Madinah. Islam adalah agama yang diwahyukan Allah SWT. Kepada Nabi besar Muhammad SAW yang memberikan bimbingan kepada manusia dalam semua aspek kehidupan. Dapat diibaratkan sebagai sebuah rel/jalan raya yang lurus dan mendaki, yang dapat mengantarkan ummat manusia kederajat yang paling tinggi disisi Allah SWT. Rel atau jalan raya itu cukup lebar dan licin, yang pinggir kanan dan kirinya itu ada petunjuk jalan yaitu Al-Quran dan sunah Nabi besar Muhmmad SWT. Pada jalan raya yang lurus itu terdapat jalur-jalur yang jumlahnya sebanyak aspek kehidupan manusia. Bagi siapapun yang telah memasuki gerbang awal jalan raya islam harus siap mengunakan napsu, akal, pikiran dan usahanya sekuat kemampuan yang dia miliki serta jangan lupa berdo’a kepada Allah SWT. Agar jangan sampai keluar dari rel atau jalan raya islam dan menebrak pagar-pagar Al-Quran dan sunah-sunah Nabi besar MuhammadSAW.

Allah SWT.berfirman:
"Sesungguhnya agama yang di ridai di sisi Allah SWT adalah agama Islam." [QS. Al-Imra: 19].

Intisari Islam itu sendiri sebenarnya terkandung dalam kata Islam itu sendiri, karena ia berarti : [1] berserah diri, menundukan diri, atau taat sepanuh hati, dan [2] masok kedalam salam yakni selamat sejahtera, damai, hubungan yang harmonis, atau keadaan tampa noda atau bersih [fitrah]. Jadi  inti sari Islam adalah berserah diri atau taat sepenuh hati kepada kehendak Allah demi tercapainya keperibadian yang bersih dari cacat dan noda, hubungan yang harmonis dan damai dengan sesamama manusia dan lingkungan alam sekitarnya. Atau selamat dunia dan akhirat.

Berarti orang islam yang betul-betul islam itu adalah orang yang selamat dari segala macam musibah didunia dan diakhirat, orang islam yang betul-betul islam adalah orang yang patuh/taat menyerah diri kepada Allah SWT. Dan orang islam yang betul-betul islam itu adalah orang yang suci dan dicintai Allah SWT. Sekarang mari kita intopeksi diri kita, apakah kita sudah masok islam atukah kita keluar dari islam dan apakah kita masok islam dengan memaen-maenkan secara sengaja atu tidak sengaja [ munafiq]. Mari kita intropeksi diri kita masing-masing.

Sesungguhnya ajaran islam itu pada garis besarnya dapat dibagi ke dalam tiga bidang, yaitu aqidah, syariah, dan tashauf. Bidang aqidah menyakut masalah keimanan, Bidang syariah menyangkut masalah hukum Islam yang berkaitan dengan perbuatan manusia. Sedangan bidang tashuf menyangkut masalah akhlaq, budi pekerti, yang berhubungan dengan Qolbiyah [Hati].

Guru kami Syaikh Ma’rif Muliadi  semoga Rahmat Allah selalu menyertai beliau, mengatakan di dalam majelis zikirnya bahwa Kata Islam itu sendiri mempunyai singkatan yaitu; Ingin Selamat Laksanakanlah Ajaran Muhammad SAW. Dan beliau juga mengatakan, orang islam yang betul-betul pemeluk islam harus menjalankan rukun Islam  dengan baik dan sempurna, mulai dari syahadad, salat, puasa, zakat, dan haji bagi yang mampu. Secara ilmunya, hartanya dan jiwanya. Seperti ibarat sebuah pohon yang tumbuh subur akarnya kokoh terhujam ke petala bumi sehinga membuat pohonnya tidak mudah digoyahkan oleh angin yang menerpanya. cabangnya banyak dan kuat, daunnya hijau dan indah, buahnya harum dan manis. Dan selalu dinikmati setiap masa oleh pemeluknya dan  orang di sekitarnya. Maka hal tersebut dapat digambarkan seperti berikut ini.
• AKAR = Dua kalimad syahadad.
• POHON = Solat lima waktu
• CABANG = Puasa
• DAUN = Zakat dan
• BUAHNYA = Hji bagi yang mampu

Allah SWT berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman masuklah kamu dalam islam secara utuh atau sempurna." [QS. Al-Baqarah;208].

Diayat yang lain Allah SWT berfirman:
"Katakanlah (olehmu hai Muhammad); jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu." [QS. Ali Imran;31].

Allah SWT juga berfirman;
"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya; Dan jangan kamu mati melainkan dalam beragama Islam." [Q.S. Al Baqarah; 102].

Comments